kajian sunnah, ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Syafiq Reza Basalamah, ustadz subhan bawazier

Rabu, 15 November 2017

Inilah 7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Jarang Diketahui

Inilah 7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Jarang Diketahui - Sholat Dhuha memiliki 7 keutamaan yang tentunya akan sangat rugi untuk kita tinggalkan. Lalu apa saja keutamaan dari sholat Dhuha?
Inilah 7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Jarang Diketahui
Inilah 7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Jarang Diketahui

Inilah 7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Jarang Diketahui

Sholat Dhuha Merupakan Salah Satu Wasiat Nabi
Sahabat Abu Hurairah radhiyallahu'anhu mengatakan bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mewasiatkan kepadaku tiga hal, yaitu "puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur". (HR.Bukhari)

Mengganti Sedekah Dengan Seluruh Persendian
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, yang artinya " pada pagi hari seluruh persendian kalian harus disedekahi. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma'ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa diwakili dengan melaksanakan shalat Dhuha 2 raka'at'. (HR.Muslim)

Sholat Duha Merupakan Kebiasaan Orang yang Suka bertaubat
Rasulullah bersabda yang artinya "shalatnya orang-orang yang suka bertaubat adalah shalat pada saat anak unta kepanasan karena terik matahari". (HR.Muslim)

Jaminan Dipenuhinya Kebutuhan di Sore Harinya
Rasulullah bersabda "Allah Ta'ala berfirman (yang artinya) : wahai anak adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat di awal siang (di waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang. (HR.Ahmad)

Mendapat Pahala Seperti Orang yang Haji dan Umroh
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, (yang artinya) "Barang siapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjama'ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian melaksanakan shalat dua raka'at maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh. Beliau pun bersabda "pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna". (HR.Tirmidzi)

Sholatnya Para Awwabin (Orang yang Kembali Taat)
Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda. (yang artinya) "Tidaklah menjaga sholat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). inilah sholat awwabin (HR.Ibnu Khuzaimah)

Mendapat Pahala Seperti Orang Yang Mendapat Banyak Harta Rampasan Perang
Rasulullah mengutus sekelompok pasukan perang, kemudian utusan ini membawa banyak harta rampasan perang dan pulangnya cepat. Para sahabat berkomentar "Wahai Rasulallah, kami tidak pernah melihat pasukan yang lebih cepat pulang dan lebih banyak membawa ghanimah melebihi utusan ini". Kemudian Beliau Menjawab "Maukah aku sampaikan keadaan yang lebih cepat pulang membawa kemenangan dan lebih banyak membawa rampasan perang?" yaitu seseorang berwudlu dengan sempurna di rumahnya kemudian pergi ke masjid melaksanakan sholat subuh kemudian (tetap di masjid) dan diakhiri dengan sholat Dhuha. Maka orang ini lebih cepat kembali pulang membawa kemenangan dan lebih banyak rampasan perangnya. (HR.Abu ya'la)

Itulah ke tujuh kutamaan atau manfaat dari melaksanakan sholat dhuha. Semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita agar tetap istiqomah mengerjakan sholat dhuha.

Sumber :



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 7 Keutamaan Sholat Dhuha Yang Jarang Diketahui

0 komentar:

Posting Komentar